Konsep marketing merupakan salah satu hal
yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang
usaha baru
maupun usaha yang telah lama dirintis, baik usaha
kecil maupun
usaha yang telah berkembang sekalipun. Semuanya membutuhkan konsep marketing
untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Berbicara tentang konsep marketing,
maka sesungguhnya kita sedang membicarakan bagaimana strategi pemasaran produk
yang kita jual.
Dengan terbatasnya anggaran marketing yang
dimiliki usaha kecil, bukan berarti menjadikan usaha kecil kalah dengan usaha
skala besar. Untuk itu kita harus lebih kreatif dengan anggaran biaya yang
minim untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Berikut beberapa cara
untuk mengoptimalkan pemasaran dengan anggaran terbatas :
- Bekerjasama dengan pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan
- Mencoba mengirimkan penawaran produk kepada pelanggan serta memberikan potongan harga untuk paket pembelian tertentu.
- Perkenalkan produk dan usaha Anda melalui media gratis, hal ini akan membantu pencarian para konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. Misalnya saja publikasi melalui internet.
- Libatkan lingkungan yang ada disekitar usaha Anda, dalam salah satu kegiatan yang usaha Anda laksanakan. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara publikasi gratis kepada masyarakat sekitar.
Selain itu beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil yaitu sebagai
berikut :
1. Konsistensi
Dengan adanya konsistensi terhadap semua area
marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan
efektivitas penciptaan merek.
2. Perencanaan
Perencanaan konsep
marketing yang akan dijalankan usaha kecil sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan
yang diperoleh. Oleh karena itu luangkan waktu untuk merencanakanstrategi
marketing,
anggaran marketing, serta konsep lainnya yang berhubungan dengan pemasaran.
3. Strategi
Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan
kegiatan marketing yang telah direncanakan, misalnya siapa target pasar,
bagaimana usaha kecil membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga konsumen
yang ada sebagai pelanggan tetap.
4. Target Market
Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang
dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki.
Target pasar yang jelas akan membuat konsep marketing lebih mudah dilaksanakan.
5. Anggaran
Menghitung anggaran marketing merupakan
bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari anggaran yang
dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya
usaha kecil membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat, sehingga terjadi
pemborosan.
6. Marketing Mix
Marketing mix biasanya dijelaskan sebagai produk,
harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, perlu memutuskan dengan
spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan
mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain dapat mengetahui tentang
produk yang ditawarkan.
7. Website
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha kecil
usahakan memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari informasi
dari internet. Sehingga informasi produk melalui website pun sangat mendukung peningkatan
jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.
8. Branding
Branding adalah bagaimana konsumen menerima
produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha kecil
selalu melupakan kebutuhan brand atau pengenalan gambar, logo, bahkan
produk yang usaha kecil hasilkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar