Pemasaran merupakan proses penyusunan komunikasi terpadu yang memiliki
tujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa, terkait dengan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran diawali pemenuhan
kebutuhan manusia, tumbuh menjadi keinginan manusia. Strategi
pemasaran merupakan hal yang
sangat penting dalam sebuah bisnis. Strategi pemasaran adalah salah satu cara
mencapai tujuan bisnis.
Aktivitas pemasaran meliputi penjelasan mengenai produk, desain produk,
promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi ke konsumen, hingga pengiriman
produk supaya sampai ke konsumen. Produk baru, tentu sangat sulit dipasarkan.
Sebab, produk baru belum dikenal oleh masyarakat luas, yang menjadi target
konsumen. Misalnya, selama bertahun-tahun sebuah keluarga mengkonsumsi mie
instan merek Z. Lalu, keluar produk baru, mie instan merek W. Keluarga itu tak
mungkin langsung percaya untuk membeli dan mengkonsumsi merek W. Dia tetap
memilih mie instan merek Z. Konsumen tak akan pernah mencoba-coba produk baru,
yang mereka belum tahu rasanya.
Pemasaran produk baru merupakan tantangan tersendiri. Konsumen pasti akan
memilih produk yang sudah lama ada dan mereka gunakan. Untuk mencapai tujuan
pemasaran, ada strategi pemasaran produk baru agar sukses. Apa saja strategi
pemasaran untuk produk baru yang bisa meraih keberhasilan?
Promosi
Promosi adalah usaha untuk menawarkan produk, tujuannya menarik calon
konsumen untuk membeli. Selain itu, promosi bertujuan menyebarkan informasi
produk kepada target pasar yang potensial, mendapat kenaikan penjualan,
mendapat konsumen baru dan menjaga kesetiaan konsumen, mengubah perilaku
dan pendapat konsumen, membentuk citra produk di pandangan konsumen, menjaga
kestabilan penjualan, dan menaikkan keunggulan produk dari pesaing.
Mengambil hati calon konsumen adalah bagian dari promosi. Coba tawarkan
produk Anda dan harga yang murah untuk konsumen Anda. Untuk awal, kirimkan
surat elektronik bersama brosur, katalog, dan kuisioner. Lalu, telepon
orang-orang yang sudah Anda kirimkan surat elektronik.
Riset
Strategi pemasaran berikutnya adalah riset pasar. Riset pasar dibutuhkan
untuk mengetahui produk yang berpotensi dijual kepada konsumen. Jika hasilnya
positif, maka Anda bisa menjual produk Anda. Jika negatif, Anda perlu evaluasi
dan kemas sedemikian rupa produk Anda, agar diterima oleh konsumen.
Layanan
Layani konsumen Anda dengan baik. Sebab, konsumen yang mendapatkan
pelayanan ekstra dari Anda, akan menjadi pelanggan setia Anda. Bersikap ramah
tamah lah kepada konsumen Anda. Berikan kemudahan pembayaran kepada konsumen,
kalau perlu beri mereka diskon atau bonus. Tanyakan kepada konsumen Anda,
apa yang harus diperbaiki dan minta saran siapa target pasar yang tepat.
Untuk permulaan, Anda perlu menambahkan layanan pengiriman barang. Selain
kualitas, Anda bisa manfaatkan kecepatan pemesanan. Layanan baik adalah juga
hubungan baik. Hubungan baik harus Anda jaga terus. Anda bisa mengirimkan kartu
ucapan terima kasih, info katalog produk, atau promo diskon. Buat mereka lebih
dihargai.
Kualitas
Menjual produk baru memiliki risiko. Anda akan ditinggalkan konsumen,
jika produk Anda mengecewakan saat pertama kali dilempar ke pasaran. Konsumen
tak akan pernah membeli lagi produk Anda. Kualitas produk ini bisa dilakukan
dengan jeli melihat kebutuhan mereka. Produk baru yang banyak dibutuhkan orang
dan memiliki kualitas baik, akan dicari orang. Anda memang bersaing dengan
produk-produk serupa yang lebih dahulu merebut hati konsumen. Tapi, dengan
kualitas yang unggul, konsumen perlahan akan menyadari bahwa produk Anda lebih
baik.
Strategi pemasaran dibutuhkan
untuk menambah penjualan produk Anda. Apalagi produk Anda benar-benar baru.
Dengan beberapa strategi pemasaran tadi, produk baru Anda dapat dikenal publik,
dan bukan tidak mungkin merebut hari mereka (SUKM/dari berbagai sumber).
Bagi sebuah usaha baru, persoalan biaya juga kerap menjadi kendala bagi
kegiatan pemasaran. Namun kendala ini seharusnya tidak perlu mengecilkan minat
Anda. Dengan modal yang cekak sekalipun, masih banyak cara yang bisa Anda
tempuh untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran.
Pengembangan bisnis sebaiknya juga disiapkan dari awal. Ada beberapa
pilihan yang bisa ditempuh untuk mengembangkan bisnis, seperti memperluas
tempat usaha atau membuka cabang baru. Jika bersedia bekerja sama, Anda juga
bisa berekspansi dengan menawarkan franchise.
Strategi pemasaran bisnis baru. banyak pebisnis sukses
mengatakan bahwa salah satu kunci sukses bisnis yaitu terletak pada penjualan.
Sedangkan salah satu kunci sukses mendapat penjualan terletak pada pemasaran. Oleh
sebab itu, apabila Anda baru merintis bisnis / usaha, berarti Anda membutuhkan
cara pemasaran bisnis yang jitu, guna mendapat penjualan dan meraih kesuksesan
dalam berbisnis.
Untuk melakukan
pemasaran bisnis yang sesuai, Anda bisa mencari ide sendiri. Jika Anda memang
mau mencari, Anda akan menemukan berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan
terkait bagaimana cara pemasaran bisnis yang paling pas.
Apabila Anda masih bingung bagaimana
cara memasarkan bisnis baru, berikut ini adalah beberapa tips / strategi
pemasaran bisnis baru yang bisa Anda lakukan.
Promosi Mengenalkan Bisnis
Jika menilik bisnis-bisnis besar, mereka
tak ragu-ragu mengeluarkan dana besar untuk membiayai promosi. Padahal, bisnis
mereka bisa dikatakan sudah tak butuh promosi. Karena hampir semua orang sudah
mengenal bisnis mereka. Ya begitulah, mereka menganggap promosi berperan
penting dalam pemasaran untuk membangun bisnis yang sukses.
Melihat bisnis-bisnis
besar yang telah sukses namun masih melakukan promosi, ini merupakan sebuah pelajaran
penting, terutama bagi Anda yang baru membangun bisnis, bahwa promosi sangat
penting untuk mendapat penjualan. Sebongkah emas jatuh dari langit, jika tak
ada yang mendengarnya, tentu tak ada yang mencarinya. Begitulah kata
Comtelcell. Meski bisnis Anda menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga
sangat murah, jika tak ada yang tahu bisnis Anda, mustahil bisnis Anda akan
memiliki konsumen. Itu sebabnya promosi sangat penting untuk mengenalkan bisnis
Anda kepada calon konsumen.
Memilih Lokasi Strategis
Tips pemasaran bisnis
selanjutnya adalah memilih lokasi strategis. Pemilihan lokasi bisnis yang
strategis tentu sangat berperan dalam strategi pemasaran. Untuk mendapat lokasi
strategis tentu butuh biaya yang tak sedikit. Namun ini bisa Anda siasati.
Salah satunya adalah dengan membuat atau menyewa tempat yang kecil sebagai
tempat pemasaran produk saja. Atau lebih mudahnya sebagai outlet penjualan.
Membuat Kartu Nama Bisnis
Ini merupakan cara
murah dan mudah Anda terapkan dalam pemasaran bisnis. Apalagi jika Anda sering
bepergian dan bertemu dengan banyak orang, Anda perlu memastikan bahwa mereka
menerima kartu bisnis Anda, sehingga mereka akan tahu keberadaan bisnis Anda,
tanpa perlu Anda prospek.
Sekedar tips membuat
kartu nama bisnis, pastikan kartu nama bisnis Anda unik, menarik dan juga
menggambarkan bisnis Anda. Jika perlu, lakukan diskusi dengan ahli kartu nama
bagaimana baiknya.
Memasarkan Bisnis Melalui Internet
Sebuah pendekatan yang
juga sangat penting dalam pemasaran bisnis adalah memperluas jangkauan calon
konsumen melalui internet. Ada banyak cara yang dapat Anda terapkan dalam
pemasaran bisnis secara online. Dan Saya sudah merangkumnya, silahkan temukan
dalam posting, Tips
Pemasaran Bisnis : Gunakan Internet
Membuat Konsumen Merasa Spesial
Anda pasti paham, bahwa
hampir setiap orang akan merasa senang apabila ditempatkan pada level spesial.
Untuk pemasaran bisnis,
Anda bisa saja memanfaatkan kenyataan psikologis seperti itu guna mendapat
simpati dari mereka. Anda bisa memulainya dengan cara seperti : memberi
perhatian, membangun keakraban atau mungkin mengundang mereka jika Anda
menggelar event promosi. Dan yang tak kalah penting adalah membuat konsumen
rindu dengan pelayanan bisnis Anda. Sehingga mereka mau datang lagi dan lagi.
Mempertahankan Konsumen
Jika bisnis Anda sudah
mulai ada konsumen, Anda perlu mempertahankan konsumen agar menjadi pelanggan
bisnis Anda. Mempertahankan konsumen sendiri merupakan strategi marketing yang
lebih mudah daripada mencari konsumen baru. Karena, mereka pasti sudah tahu
tentang keberadaan bisnis Anda.
Sebaliknya, untuk
mencari konsumen baru, Anda perlu memberi tahu dari awal tentang produk bisnis
Anda. Itu sebabnya, dalam strategi pemasaran bisnis, Anda perlu mempertahankan
konsumen bisnis Anda.
Sumber :
http://comtelweb.blogspot.com/2015/06/strategi-pemasaran-bisnis-baru.html
http://linkarin.blogspot.co.id/2013/03/strategi-pemasaran-usaha-yang-baru.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar