Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENJUAL PRODUK ATAU JASA SEBAGAI USAHA YANG BARU

Pemasaran merupakan proses penyusunan komunikasi terpadu yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa, terkait dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran diawali pemenuhan kebutuhan manusia, tumbuh menjadi keinginan manusia. Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Strategi pemasaran adalah salah satu cara mencapai tujuan bisnis.
Aktivitas pemasaran meliputi penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi ke konsumen, hingga pengiriman produk supaya sampai ke konsumen. Produk baru, tentu sangat sulit dipasarkan. Sebab, produk baru belum dikenal oleh masyarakat luas, yang menjadi target konsumen. Misalnya, selama bertahun-tahun sebuah keluarga mengkonsumsi mie instan merek Z. Lalu, keluar produk baru, mie instan merek W. Keluarga itu tak mungkin langsung percaya untuk membeli dan mengkonsumsi merek W. Dia tetap memilih mie instan merek Z. Konsumen tak akan pernah mencoba-coba produk baru, yang mereka belum tahu rasanya.
Pemasaran produk baru merupakan tantangan tersendiri. Konsumen pasti akan memilih produk yang sudah lama ada dan mereka gunakan. Untuk mencapai tujuan pemasaran, ada strategi pemasaran produk baru agar sukses. Apa saja strategi pemasaran untuk produk baru yang bisa meraih keberhasilan?
Promosi
Promosi adalah usaha untuk menawarkan produk, tujuannya menarik calon konsumen untuk membeli. Selain itu, promosi bertujuan menyebarkan informasi produk kepada target pasar yang potensial, mendapat kenaikan penjualan, mendapat konsumen baru  dan menjaga kesetiaan konsumen, mengubah perilaku dan pendapat konsumen, membentuk citra produk di pandangan konsumen, menjaga kestabilan penjualan, dan menaikkan keunggulan produk dari pesaing.
Mengambil hati calon konsumen adalah bagian dari promosi. Coba tawarkan produk Anda dan harga yang murah untuk konsumen Anda. Untuk awal, kirimkan surat elektronik bersama brosur, katalog, dan kuisioner. Lalu, telepon orang-orang yang sudah Anda kirimkan surat elektronik.
Riset
Strategi pemasaran berikutnya adalah riset pasar. Riset pasar dibutuhkan untuk mengetahui produk yang berpotensi dijual kepada konsumen. Jika hasilnya positif, maka Anda bisa menjual produk Anda. Jika negatif, Anda perlu evaluasi dan kemas sedemikian rupa produk Anda, agar diterima oleh konsumen.
Layanan
Layani konsumen Anda dengan baik. Sebab, konsumen yang mendapatkan pelayanan ekstra dari Anda, akan menjadi pelanggan setia Anda. Bersikap ramah tamah lah kepada konsumen Anda. Berikan kemudahan pembayaran kepada konsumen, kalau perlu beri mereka diskon atau bonus.  Tanyakan kepada konsumen Anda, apa yang harus diperbaiki dan minta saran siapa target pasar yang tepat.
Untuk permulaan, Anda perlu menambahkan layanan pengiriman barang. Selain kualitas, Anda bisa manfaatkan kecepatan pemesanan. Layanan baik adalah juga hubungan baik. Hubungan baik harus Anda jaga terus. Anda bisa mengirimkan kartu ucapan terima kasih, info katalog produk, atau promo diskon. Buat mereka lebih dihargai.
Kualitas
Menjual produk baru memiliki risiko. Anda akan ditinggalkan konsumen, jika produk Anda mengecewakan saat pertama kali dilempar ke pasaran. Konsumen tak akan pernah membeli lagi produk Anda. Kualitas produk ini bisa dilakukan dengan jeli melihat kebutuhan mereka. Produk baru yang banyak dibutuhkan orang dan memiliki kualitas baik, akan dicari orang. Anda memang bersaing dengan produk-produk serupa yang lebih dahulu merebut hati konsumen. Tapi, dengan kualitas yang unggul, konsumen perlahan akan menyadari bahwa produk Anda lebih baik.
Strategi pemasaran dibutuhkan untuk menambah penjualan produk Anda. Apalagi produk Anda benar-benar baru. Dengan beberapa strategi pemasaran tadi, produk baru Anda dapat dikenal publik, dan bukan tidak mungkin merebut hari mereka (SUKM/dari berbagai sumber).
Bagi sebuah usaha baru, persoalan biaya juga kerap menjadi kendala bagi kegiatan pemasaran. Namun kendala ini seharusnya tidak perlu mengecilkan minat Anda. Dengan modal yang cekak sekalipun, masih banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran.
Pengembangan bisnis sebaiknya juga disiapkan dari awal. Ada beberapa pilihan yang bisa ditempuh untuk mengembangkan bisnis, seperti memperluas tempat usaha atau membuka cabang baru. Jika bersedia bekerja sama, Anda juga bisa berekspansi dengan menawarkan franchise. 
Strategi pemasaran bisnis baru. banyak pebisnis sukses mengatakan bahwa salah satu kunci sukses bisnis yaitu terletak pada penjualan. Sedangkan salah satu kunci sukses mendapat penjualan terletak pada pemasaran. Oleh sebab itu, apabila Anda baru merintis bisnis / usaha, berarti Anda membutuhkan cara pemasaran bisnis yang jitu, guna mendapat penjualan dan meraih kesuksesan dalam berbisnis.
Untuk melakukan pemasaran bisnis yang sesuai, Anda bisa mencari ide sendiri. Jika Anda memang mau mencari, Anda akan menemukan berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan terkait bagaimana cara pemasaran bisnis yang paling pas.
Apabila Anda masih bingung bagaimana cara memasarkan bisnis baru, berikut ini adalah beberapa tips / strategi pemasaran bisnis baru yang bisa Anda lakukan.

Promosi Mengenalkan Bisnis
Jika menilik bisnis-bisnis besar, mereka tak ragu-ragu mengeluarkan dana besar untuk membiayai promosi. Padahal, bisnis mereka bisa dikatakan sudah tak butuh promosi. Karena hampir semua orang sudah mengenal bisnis mereka. Ya begitulah, mereka menganggap promosi berperan penting dalam pemasaran untuk membangun bisnis yang sukses.
Melihat bisnis-bisnis besar yang telah sukses namun masih melakukan promosi, ini merupakan sebuah pelajaran penting, terutama bagi Anda yang baru membangun bisnis, bahwa promosi sangat penting untuk mendapat penjualan. Sebongkah emas jatuh dari langit, jika tak ada yang mendengarnya, tentu tak ada yang mencarinya. Begitulah kata Comtelcell. Meski bisnis Anda menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga sangat murah, jika tak ada yang tahu bisnis Anda, mustahil bisnis Anda akan memiliki konsumen. Itu sebabnya promosi sangat penting untuk mengenalkan bisnis Anda kepada calon konsumen.
Memilih Lokasi Strategis
Tips pemasaran bisnis selanjutnya adalah memilih lokasi strategis. Pemilihan lokasi bisnis yang strategis tentu sangat berperan dalam strategi pemasaran. Untuk mendapat lokasi strategis tentu butuh biaya yang tak sedikit. Namun ini bisa Anda siasati. Salah satunya adalah dengan membuat atau menyewa tempat yang kecil sebagai tempat pemasaran produk saja. Atau lebih mudahnya sebagai outlet penjualan.

Membuat Kartu Nama Bisnis
Ini merupakan cara murah dan mudah Anda terapkan dalam pemasaran bisnis. Apalagi jika Anda sering bepergian dan bertemu dengan banyak orang, Anda perlu memastikan bahwa mereka menerima kartu bisnis Anda, sehingga mereka akan tahu keberadaan bisnis Anda, tanpa perlu Anda prospek.
Sekedar tips membuat kartu nama bisnis, pastikan kartu nama bisnis Anda unik, menarik dan juga menggambarkan bisnis Anda. Jika perlu, lakukan diskusi dengan ahli kartu nama bagaimana baiknya.
Memasarkan Bisnis Melalui Internet
Sebuah pendekatan yang juga sangat penting dalam pemasaran bisnis adalah memperluas jangkauan calon konsumen melalui internet. Ada banyak cara yang dapat Anda terapkan dalam pemasaran bisnis secara online. Dan Saya sudah merangkumnya, silahkan temukan dalam posting, Tips Pemasaran Bisnis : Gunakan Internet
Membuat Konsumen Merasa Spesial
Anda pasti paham, bahwa hampir setiap orang akan merasa senang apabila ditempatkan pada level spesial.
Untuk pemasaran bisnis, Anda bisa saja memanfaatkan kenyataan psikologis seperti itu guna mendapat simpati dari mereka. Anda bisa memulainya dengan cara seperti : memberi perhatian, membangun keakraban atau mungkin mengundang mereka jika Anda menggelar event promosi. Dan yang tak kalah penting adalah membuat konsumen rindu dengan pelayanan bisnis Anda. Sehingga mereka mau datang lagi dan lagi.
Mempertahankan Konsumen
Jika bisnis Anda sudah mulai ada konsumen, Anda perlu mempertahankan konsumen agar menjadi pelanggan bisnis Anda. Mempertahankan konsumen sendiri merupakan strategi marketing yang lebih mudah daripada mencari konsumen baru. Karena, mereka pasti sudah tahu tentang keberadaan bisnis Anda.
Sebaliknya, untuk mencari konsumen baru, Anda perlu memberi tahu dari awal tentang produk bisnis Anda. Itu sebabnya, dalam strategi pemasaran bisnis, Anda perlu mempertahankan konsumen bisnis Anda.

Sumber            :
http://comtelweb.blogspot.com/2015/06/strategi-pemasaran-bisnis-baru.html
http://linkarin.blogspot.co.id/2013/03/strategi-pemasaran-usaha-yang-baru.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar